Beragam kegiatan CSR dari unit industri maupun opini CSR di Indonesia. Files ini dikompile guna literatur dan benchmarking kegiatan CSR, agar bisa mempositioning-kan kegiatan CSR secara berbeda, focus dan efektif. CSR bagaimanapun penting perannya bagi sustainability perusahaan karena dengan CSR perusahaan mempertimbangkan kepentingan stakeholder (pemegang kepentingan) dalam kebijakan operasionalnya.

Thursday, June 14, 2007

PEMBINAAN USAHA KECIL

’Pundi-pundi Devisa’ Binaan TELKOM Jateng
Dengan bermodalkan pinjaman lunak dari PT. Telkom Divre IV Jateng dan DIY, Widodo mendirikan Galeri ”Tetap Jaya Art” yang memproduksi handicraft dengan memanfaatkan limbah kayu jati . Galeri yang terletak di Jl. Raya Boyolali-Jatinom Km 4 Kabupaten Boyolali ini menawarkan berbagi ragam pahatan kayu buah ciptanya, mulai kereta kuda, becak, traktor mini, kereta api, pesawat terbang, berbagai model mobil tua, seperti VW serta beraneka cenderamata, seperti vas bunga, asbak, figura, hingga lampu hias. Ayah tiga orang anak ini semula bekerja sebagai karyawan pabrik Karung Goni Delanggu, tapi terkena pemutusan hubungan kerja pada 1993. Berkat jiwa seninya, Widodo menyulap kayu limbah menjadi komoditi ekspor, bahkan motor ’Harley Davidson’ karyanya yang dibandrol 5 Juta telah berkeliling Eropa mengikuti pameran . Kota Boyolali dengan udara yang tidak terlalu panas di lereng bagian utara Gunung Merbabu ini tidak hanya susu sapinya saja yg dikenal, saat ini didesa Mojosongo ada sekitar 30 pengajin handicraft sehingga tak jarang para peminat luar negeri dari Australia, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, Dubai, Amerika Serikat, Spanyol sengaja datang untuk memesan desain khusus.

’Sayap’ Binaan Telkom makin berkembang
Jakarta, 16 Februari 2007 - Keberhasilan dan kesuksesan berbisnis salah satu Mitra Binaan Telkom ini patut untuk dicontoh, bagaimana tidak, dalam persaingan usaha yang ketat dan serba sulit pria satu ini masih meraup keuntungan . Agus Rivai (36), biasa dipanggil dengan Pak Agus pria asal pemalang ini mampu memposisikan diri sebagai seorang wirausahawan yang berhasil.
Berbekal dari pengalamannya sebagai asisten di sebuah studio foto selama 6 tahun, pada November 1992 pria ini beralih profesi sebagai pembuat Tauco dengan brand "Sayap". Sejalan dengan perjalanan waktu hasil produksinya mulai dikenal dan diminati masyarakat. Suka duka menyertai keberhasilan pria yang membuka usahanya di Jalan Yos Sudarso 200 Pemalang itu. Pada waktu krisis 1997-1998 usahanya benar-benar terpukul, karena melemahnya kurs rupiah. Harga kedelai melonjak dari Rp 1.250/kg menjadi Rp 5.000/kg, padahal modalnya terbatas.
Namun keyakinan dan tekadnya tidak surut, terus belajar dan bekerja keras, bak gayung bersambut, pada 2004 PT.Telkom dengan program PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ) memberikan suntikan dana, berawal dari Rp 10 juta. Setelah lunas, pada Desember 2006, dia kembali dipercaya Telkom memperoleh kucuran pinjaman sebesar Rp 35 juta. Makin hari kapasitas produksinya bertambah terus ”pangsa pasar merambah sampai Cirebon dan kota lainnya di Jawa Barat," jelasnya.

DIVRE-I Sumatra Bangun Media Center Shariah Fair dan bazar UMK
Shariah Fair dan bazar UMK yang akan berlangsung sejak tanggal 14 Januari s.d 4 Februari 2007 di lokasi perguruan tinggi Islam IAIN Sumut, Jl.Sutomo Medan, kemarin minggu siang (14/01) telah dibuka secara resmi –dengan pukulan bedug, oleh Wakil Presiden RI H.Jusup Kalla, yang hadir bersama Istri Hj Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan, seperti Ketua DPR RI Agung Laksono, Gubernur BI Burhanuddin Abdullah, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Telkom mendukung kegiatan Shariah Fair & Bazar UMK ini, dengan mendirikan stand Telkom yang akan mempromosikan produk andalannya Flexi dan Speedy, yang dapat langsung di gunakan secara gratis di “Media Centre” selama pameran berlangsung, selain sebagai ajang promosi juga dapat digunakan sebagai test drive dan uji coba bagi pelanggan, demikian Overlis SM Marketing and Sales menjelaskan pada ajang tersebut. Selain membangun media centre didalam area pameran, Telkom juga telah membangun Web Site yang berisi tentang informasi terkini Seputar tentang kegiatan tersebut yang akan di maintenance dan di Update setiap hari oleh petugas Telkom, dan dapat diakses melalui http://www.shariahcenter.com/, dan kedepan untuk mendukung “Geliat Ekonomi Shariah Indonesia” kita akan melakukan MOU dengan berbagai pihak, agar untuk seluruh komunikasi bank2 Shariah dan peserta UMK mengunakan Telkom sebagai fastel utama telekomunikasinya, terang SM Marketing and Sales Divre-I. Setelah melakukan pembukanan, wakil Presiden H.Jusuf Kalla dan rombongan melanjutkan–nya dengan melakukan kunjungan ke berbagai stand yang ada. Stand kerajinan hasil binaan Telkom sempat menjadi perhatian Wakil Presiden, dan pada kesempatan tersebut beliau sempat melakukan dialog dengan salah seorang pengusaha UKM tentang sumber modal usaha yang didapat-nya, serta syarat dan proses pembinaan yang telah didapat dari Telkom dalam rangka mengembangkan usaha yang telah berjalan selama ini. Sebelum meningalkan arena pameran, tampak Fahmi Idris Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabinet Indonesia, salah satu anggota rombongan wakil presiden siang itu berkesempatan mengunjungi dan melihat-lihat kondisi Media Centre Telkom, sekaligus mendengarkan penjelasan tentang keberadaan dan fasilitas yang ada di Media Centre dalam rangka mendukung pelaksanaan Shariah Fair yang pertama Di Indonesia, dari EGM Divre-I I Nyoman G Wiryanata.

Dana TELKOM CDC Cair, Bank Mandiri Membludak
Para Mitra Binaan TELKOM Community Development Center (CDC) pada hari ini, Selasa (26/12) pada berdatangan di Bank Mandiri Jln. Ketintang 156, Surabaya. Pasalnya ialah, bahwa mulai hari ini mereka sudah dapat mencairkan dana pinjaman yang diajukan dan yang telah di ACC oleh TELKOM CDC SBT.
Lumayan banyak jumlah Mitra Binaan yang berdatangan, sehingga pihak Bank Mandiri harus membuka Counter khusus di depan kantornya, agar selain memperlancar Nasabah Bank yang lain, juga diharapkan antrian Mitra Binaan ini tidak terlalu berjudel di dalam ruangan yang banyak juga Nasabah lain.
Rupanya para Mitra Binaan ini berharap untuk dapat segera mencairkan pinjaman lunaknya untuk segera memulai atau dapat meneruskan usahanya di akhir tahun dan mengawalinya di awal tahun. Persyarata yang harus mereka bawa dalam mencairkan danaynya cukup sederhana dan praktis, yaitu hanya membawa foto copy KTP dan yang ASLI untuk ditunjukkan kepada petugas Bank Mandiri. Untuk Triwulan-IV 2006 ini, SBT kucurkan Dana Rp. 4,966 Milyar dengan total Mitra Binaan sebanyak 239 orang, kini mereka mulai mencairkan.
Mengingat jumlah Mitra Binaan lumayan membludak, maka stiap KTP yang masuk akan disusun oleh petugas Bank Mandiri sesuai dengan urutan kedatangan, lalu mereka dipanggail satu persatu yang juga sesuai urutan kedatangan. Nampaknya cara ini berjalan tertib dan lancar. Bagi yang Mitra Binaan dipanggil sesuai urutan, akan maju menghadap dan cukup menandatangi Buku TABANAS Bank Mandiri, maka selesai, hanya itu mekanismenya !

Sarasehan Kewirausahaan bagi Mitra Binaan Kandatel Kaltim Selatan
“Sarasehan Tentang Kewirausahaan dengan Mitra Binaan Community Development Kandatel Kaltim Selatan” diselenggarakan di Balikpapan bertempat di Ruang IEO Kandatel Kaltim Selatan (12/12). Acara yang dibuka oleh Deputy GM Kandatel Kaltim Selatan, Dwi Kurniawati ini dikuti oleh 250 orang Mitra Binaan. Hadir pula Direktur CV Trisula Citra Perdana H. Sutrisno, Wakil Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Usman Gumanty SE dan Maryanto sebagai perwakilan CDC dari Divre VI.
Direktur CV Trisula Citra Perdana menyampaikan tentang Kiat-Kiat Menjadi Pengusaha Sukses dan kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab. Sesi ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan, sampai-sampai H Sutrisno kewalahan untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh para Mitra Binaan tersebut.
Selain itu para mitra binaan ini juga diberikan bimbingan rohani Islam yang disampaikan oleh Dewan Syariah dari Pondok Pesantren Hidayatullah, Anshor Amirudin. Setelah Ishoma kemudian dilanjutkan dengan Ceramah Manajemen Kewirausahaan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Usman Gumanty SE.
Pembinaan terhadap mitra binaan bukan hanya dalam hal bantuan modal, namun dengan adanya sarasehan seperti ini maka akan menambah wawasan mereka berkaitan dengan dunia usaha yang digelutinya. Dan ini adalah salah satu wujud kepedulian TELKOM terhadap mereka yang membuka usaha kecil menengah.

TELKOM Sumbagsel Kucurkan Dana PKBL Rp 5,4 M
Sebagai wujud Corporate Social Responsibility TELKOM kepada masyarakat, Community Devplopment Centre TELKOM Kandatel Sumbagsel melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kembali mengucurkan pinjaman priode TW IV/2006 kepada 425 mitra binaan dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 5,441 Milyar. Sehingga total untuk tahun ini sampai dengan triwulan IV tahun 2006 Kandatel Sumbagsel telah menyalurkan dana kepada 590 mitra binaan dengan dana yang di kucurkan sebesar Rp7.312 Milyar. Sejak pengelolaan mitra binaan diserahkan ke TELKOM tahun 2002 lalu TELKOM Kandatel Sumbagsel telah memiliki sebanyak 4139 mitra binaan dengan dana yang disalurkan sebesar Rp.38.095 Milyar. DGM Kandatel Sumbagsel Fadjrul Falah dalam sambutannya saat penyerahan bantuan kepada 590 orang calon mitra binaan, Selasa (12/12) di Aula Gedung TELKOM Jalan Jend. Sudirman 459 Palembang menyampaikan bahwa penyerahaan bantuan ini dilakukan dalam satu triwulan sekali yang mencakup wilayah Palembang, Baturaja, Lubuklinggau, Jambi, Bengkulu dan Bangka-Belitung. Tahun 2005 yang lalu TELKOM Kandatel Sumbagsel juga telah menyerahkan bantuan kepada 772 mitra binaan dengan total dana yang disalurkan Rp.8.813 Milyar. Semoga dengan adanya bantuan dana program kemitraan bina lingkungan dari TELKOM akan dapat membantu usaha kecil dan koperasi di Sumbagsel tetap tumbuh. Pinjaman ini merupakan bentuk kepedulian TELKOM kepada masyarakat yang disisihkan dari pendapatan TELKOM dan sekaligus juga merupakan program good corporate citizenship TELKOM yang disalurkan sebagai pinjaman lunak kepada pengusaha kecil agar usahanya dapat berkembang. Saat ini yang menjadi mitra binaan TELKOM Kandatel Sumbagsel terdiri dari berbagai macam usaha, ada usaha warung manisan, kerajinan tangan, jual barang kelontongan dan bermacam usaha lainnya. Setiap orang akan mendapatkan pinjaman yang nilainya berbeda-beda sesuai dengan pengajuan dan kelayakan usaha masing-masing mitra, mulai dari pinjaman Rp 5 juta, sampai dengan Rp 30 juta. Jangka waktu pengambalian pinjaman ini selama 2 tahun dengan bunga sebesar 3 persen sampai dengan 6 persen setahun. Dalam sambutan akhirnya DGM Sumbagsel juga menegaskan bahwa dengan telah diserahkannya bantuan dana bantuan ini diharapkan ada tanggung jawab moral antara masing-masing pihak, TELKOM sebagai pemberi pinjaman dan pengusaha sebagai peminjam untuk dapat melakasanakan kewajibannya. Apabila pengembalian ini tidak lancar maka akan berdampak terhadap para peminjam lainnya, karena pada hakekatnya dana kemitraan ini adalah dana bergulir dan nantinya akan dikembalikan lagi kepada masyarakat tegas Fadjrul.

Telkom gelar akses Internet Hotspot untuk Jatim Expo
Telkom Divre V Jawa Timur telah menyiapkan dukungan infrastruktur telekomunikasi sebelum diresmikannya Jatim International Expo (Kamis, 7/12). "Tujuan dibangunnya Jatim Expo ini sangat relevan dengan salah satu fokus program CSR ( Corporate Social Responsibility ) kami yaitu mengembangkan dan membina UKM di Jawa Timur," kata Nanang Ismail Kosim, EGM Divre V. Sebanyak 100 sst disiapkan Telkom untuk dipergunakan stand-stand yang membutuhkan selama pameran. "Melalui fasilitas telekomunikasi seperti Speedy, Vicon, dll diharapkan bisa membantu para UKM lokal untuk bersaing dengan pedagang dari luar. Apalagi selain Speedy, Telkom telah menggelar akses internet mobile Hotspot yang akan membantu untuk membuka akses ke dunia perdagangan internasional," lanjutnya.
Jatim Expo dibangun diatas lahan seluas 3,2 ha menelan biaya sebesar Rp.40 milliar dengan masa pembangunan selama satu tahun. Tujuannya untuk memfasilitasi UKM-UKM di Jatim agar terangkat perdagangannya sampai ke manca negara. Dengan adanya gedung ini diharapkan UKM lainnya yang ada di Jatim yang selama ini belum berkualitas ekspor, bisa bersemangat untuk meningkatkan mutu barang-barang unggulannya. Gedung ini adalah bekas pabrik kulit diarea Karangpilang, Jl. Ahmad Yani Surabaya dengan rincian 1,6 hektar untuk gedung dan 1,6 hektar lahan parkir.
Pada acara peresmiannya Kamis, 7/1, Direktur Utama PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim Dahlan Iskan (juga owner Jawa Pos Group) yang mendampingi Gubernur Jatim Imam Utomo, mengatakan bahwa Jatim Expo yang nanti dapat dinikmati para konsumen karena mempunyai berbagai fasilitas antara lain, gedung full AC dengan area toko seluas 350 meter persegi, area restoran seluas 400 meter persegi, area parkir untuk mobil maksimal 500 mobil dan parkir sepeda motor maksimal 200 kendaraan. Dengan daya tampung gedung 8.000 orang dan lantai seluas 10.000 meter persegi, gedung ini nantinya bisa difungsikan sebagai pusat kegiatan seperti pameran, convention hall, banquet, wedding party, konser musik dan sebagainya.
Terkait dengan program pembinaan UKM yang juga merupakan focus CSR Telkom Jatim, saat ini Telkom Jatim telah membina lebih dari 4.000 mitra UKM. Sebagai bagian dari program CSR Telkom di bidang kemitraan ini, Telkom telah mengucurkan dana tak kurang dari 20 Milyar di tahun 2006 untuk membina UKM

PT TELKOM meraih penghargaan ISRA 2006
Berawal dari penilaian terhadap Laporan Tahunan TELKOM Tahun 2005 yang didalamnya memuat materi tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility), pihak panitia ISRA 2005 (Indonesia Sustainability Reporting Award 2005) yang terdiri dari IAI-KAM, Kementrian Lingkungan Hidup, BAPEPAM, dan Komite Nasional Kebijakan Governance memutuskan TELKOM masuk nominasi untuk penilaian tahap berikutnya berupa presentasi dan wawancara. Bersamaan dengan Kongres IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) ke 10 di Mercure Convention Center Hotel Mercure pada tanggal 21 Nopember 2006, TELKOM yang diwakili oleh Direktur Keuangan Rinaldy Firmansyah menerima Award “Best Social Reports Award 2005”.

Pemberian beasiswa pendidikan oleh TCDC pada Hari Bhakti Sosial 2006
Dalam menyambut Hari Bhakti Postel tanggal 27 September 2006, Telkom Community Development Center (TCDC) menyerahkan bantuan besiswa pendidikan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungannya.
Penyerahan beasiswa tersebut diberikan di ruang Infocom, Gedung Kantor Pusat Telkom, jalan Japati lantai 8 Bandung. Bantuan tersebut diserahkan kepada :
Yayasan Pendidikan Telkom, untuk 160 siswa.
Yayasan Shandy Putra Telkom, untuk 145 siswa.
Rumah Zakat, untuk 61 siswa.

Penataan CSR Telkom
Bandung , (Kompas) -- Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Telkom Indonesia melakukan Corporate Social Responsibility (CSR). Bentuknya, antara lain dana bergulir untuk usaha kecil menengah (UKM), beasiswa, dan bantuan korban bencana alam. Namun, kegiatan itu pada tahun-tahun sebelumnya, belum terorganisasi secara optimal. Kepala Humas PT Telkom Divisi Regional (Divre) III Jawa Barat-Banten Dodi Gozali di Bandung, Selasa (7/3), mengatakan, CSR yang biasanya dilakukan secara sporadis akan ditata agar pelaksanaannya lebih rapi. Dalam waktu dekat, PT Telkom akan membicarakan mengenai penataan tersebut. (BAY)

Community Development Telkom Divre III Berperan Dongkrak Indeks Pembangunan Manusia Jabar
Bandung, (PR Telkom) -- Berbagai kegiatan usaha digalakan untuk menarik minat investor berinvestasi di Jawa Barat, Pemerintahan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan pihak swasta melakukan event-event seperti Bazar Jabar Fair 2005 dan Pameran Kerajinan Asli Jawa Barat bertempat di 2 lokasi yaitu di Lapangan Gasibu dan Mandala Graha Siliwangi yang waktunya bersamaan dari tanggal 26 Desember 2005 s/d 30 Desember 2005. PT. Telkom melalui Community Development Center (CDC) Divre 3 berpartisipasi mensukseskan event-event tersebut dengan mengikutsertakan 21 Mitra Binaan (MB) yang tersebar dari berbagai daerah (Bandung, Cianjur, Cirebon, Sukabumi, Tasik dan Garut) menampilkan berbagai ragam produk unggulan seperti : Handycraft Tanduk Tulang, Garment dari Sutra Alam, Produk Makanan dan Minuman serta Budidaya Anggrek. Di lokasi Jabar Fair (Lap.Gasibu) Telkom menampilkan 16 MB yang ditinjau langsung oleh GM. Kemitraan Telkom CDC Syamsul Arifin, dan di Pameran Kerajinan Tangan asli Jawa Barat (Ged.Mandala) Telkom menampilkan 5 MB dihadiri oleh pengelola CDC Divre 3 Luluk. Pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2005 oleh Gubernur Jawa Barat Dany Setiawan di Lokasi Mandala, menyatakan ?ajang ini sebagai fasilitas promosi warga Jabar yang berinteraksi menyangkut daerahnya untuk memperkenalkan produk sehingga bermanfaat bagi pelaku ekonomi Jabar dan mempunyai nilai multi ganda.? Gubernur melanjutkan, harapannya dapat menghasilkan transaksi oleh buyers tidak hanya cukup disini saja melainkan berkelanjutan, sehingga terjadi penyerapan tenaga kerja yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dimana target IPM Jabar adalah 80 di tahun 2010 dengan ciri-ciri : Tingkat pendapatan memiliki korelasi terhadap derajat kesehatan dan mempunyai korelasi terhadap akses pendidikan serta ekonomi. Kepedulian Telkom terhadap Pendidikan, Bina Lingkungan serta Pola Kemitraannya melalui Community Development Center telah sesuai dengan ciri peningkatan IPM tersebut dan hingga kini terus dilakukan sehingga banyak masyarakat dan dunia pendidikan mendambakan bantuan Telkom. Bila dinamika Usaha Kecil Menengah (UKM) ini diberdayakan lebih professional, akan mempunyai aspek social yang luar biasa (meningkatnya usaha alhasil terjadi penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat semakin meningkat). Tinggal bagaimana strategi CDC Telkom pada 2006 dapat mengembangkan potensi di wilayahnya masing-masing, seperti : -Melaksanakan Pelatihan, -Pemetaan, - Pendorongan Usaha Pola Kemitraan, -Inkubasi Bisnis. Namun demikian, harapan dari pengelola CDC Telkom agar UKM juga bisa meningkatkan kreativitas untuk menciptakan daya tarik produk, sehingga bisa menghadapi persingan pasar yang semakin global. ***Dadan S.
Telkom Kaltim : "PUKK untuk Pengusaha Kecil & Koperasi"
Senin, 19 Desember 2005 7:48:01 AM
Balikpapan, (PR Telkom) -- Telkom Kandatel Kaltim Selatan (Balikpapan) kembali mencairkan pinjaman lunak untuk pengusaha kecil dan Koperasi periode Triwulan.IV tahun 2005, yang pelaksanaannya dilakukan di Ruang Involve Every One Gedung Telkom Kandatel Kaltim Selatan, sebanyak 64 permohonan yang diajukan pengusaha kecil, secara keseluruhanya disetujui. Sementara itu jumlah pinjaman yang dicairkan sebesar Rp.774.500.000,- dengan jumlah pinjaman yang diterima oleh mitra binaan berkisar dari Rp. 3.000.000,- sampai dengan Rp.50.000.000,- Mitra binaan yang mendapat pinjaman terdiri dari berbagai bidang usaha, seperti Sektor industri 6, sector jasa 12, sektor pendidikan 1, sektor peternakan 5, warung telkom 6 dang yang paling banyak di sektor perdagangan yaitu sebanyak 34 pengusaha kecil. Pinjaman tersebut diserahkan langsung oleh GM. Telkom Kandatel Kaltim Selatan, Edwin Aristiawan, kepada seluruh Mitra Binaan . ?Pemberian pinjaman kepada pengusaha kecil dan koperasi ini adalah salah satu dari program GCC (GOOD COORPORATE CITIZENSHIP) yang dilaksanakan oleh PT.TELKOM dalam bentuk pembinaan terhadap pengusaha kecil dan koperasi berupa pinjaman dana bergulir dengan bunga yang rendah. Pembinaan ini bukan saja dalam bentuk finansial tetapi juga berupa pelatihan Kewirausahaan, Administrasi Keuangan dan Customer Service. Karena pinjaman ini merupakan dana bergulir, maka diharapkan seluruh Mitra Binaan yang telah mendapat pinjaman dapat memanfaatkannya secara efisien dan dapat membayar angsurannya secara tepat waktu sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.Dengan adanya Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi ini diharapkan masyarakat dan pengusaha kecil dapat merasakan langsung manfaat dari PT.TELKOM, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan?. Demikian diantaranya Edwin Aristiawan dalam sambutannya. Ketika para Mitra Binaan diberikan kesempatan untuk mengajukan kesempatan satupun tidak ada yang jawab atau menanyakan, karena pada triwulan akhir tahun 2005 ini permohonan yang telah masuk secara keseluruhanya disetujui.? ( Siswanto/Prl Kaltimsel).

5 comments:

Unknown said...

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!
Nama saya Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammer karena mereka bulan everywhere.Few lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Aku kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat waspada angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
chloemorrisloan@gmail.com atau chloemorrisonloan@financier.com
Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: purtihamzah@gmail.com

Unknown said...

Hari baik untuk Anda,
Anda membutuhkan solusi untuk masalah Anda dan di mana untuk mendapatkan pinjaman dari?
saya pinjaman pemberi pinjaman que terdaftar diperbolehkan untuk memberikan Jaminan
pinjaman bagi Individu dan perusahaan Bisnis
dan Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau anothe Alasan
Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini mentransfer online untuk Anda
Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
sebesar 2%
Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email Mengikuti
addresss.
EMAIL: Annabelleloanfirm@gmail.com

"ISKANDAR LENDERS" said...

Hubungi kami:
                                            via BBM INVITE: {D8980E0B}
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811
e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? Atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Siti Aminah said...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Parwati Dudi said...

Nama saya Ny. Parwati Dudi, saya seorang wanita bisnis dari Indonesia. Saya kehilangan uang, tetapi Indonesia 20 juta rupiah karena pemberi pinjaman palsu, toko saya sudah tutup dan saya kehilangan harapan dalam hidup pada hari ini yang setia ketika saya pergi melalui internet. melihat kesaksian online tentang seorang teman yang mendapat pinjaman `dari Ny. Rebecca Walker. Saya diberitahu bahwa dia adalah ibu yang jujur, jadi saya mengajukan pinjaman 100 juta rupiah Indonesia dari ibu jadi setelah proses pinjaman, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya dan hari ini, saya punya toko saya menjalankan bisnis saya dan hari ini saya telah melunasi hutang saya, semua berkat Ibu Rebecca Walker dia adalah ibu yang baik Jadi saya berjanji untuk bersaksi dan membagikan kabar baik saya setiap hari dan Anda juga dapat menghubungi email ibu (rebeccawalker700@gmail.com)
 jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Mother Rebecca Walker, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di nomor Whatsapp saya: +62 838-2119-1900
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (parwatidudi350@gmail.com)
 semoga Tuhan terus memberkatinya dan melindunginya karena dia adalah orang yang baik.
 email mothe: (rebeccawalker700@gmail.com)
 nomor Whatsapp saya: +62 838-2119-1900
 email saya: (parwatidudi350@gmail.com)