Beragam kegiatan CSR dari unit industri maupun opini CSR di Indonesia. Files ini dikompile guna literatur dan benchmarking kegiatan CSR, agar bisa mempositioning-kan kegiatan CSR secara berbeda, focus dan efektif. CSR bagaimanapun penting perannya bagi sustainability perusahaan karena dengan CSR perusahaan mempertimbangkan kepentingan stakeholder (pemegang kepentingan) dalam kebijakan operasionalnya.

Thursday, June 21, 2007

CSR SUDAH DIANJURKAN SEJAK 1400 TAHUN YANG LALU

28 Februari 2007

Masyarakat dan dunia usaha baru ramai membicarakan dan melaksanakan CSR setelah David C. Korten pada abad ini menuangkan pemikiran tentang pentingnya tanggung jawab social kepada masyarakat dan lingkungannya sehingga dengan CSR tersebut diharapkan akan dapat terjadi kehidupan yang saling bersinergi dan memeratakan kesejahteraan.CSR sebagai Kewajiban tanggungjawab sosial Perusahaan, di Indonsia santer lagi dikumandangkan bahkan dituntut oleh masyarakat sekitarnya setelah era reformasi, karena keberadaan Perusahaan tersebut dinilai tidak memperhatikan masyarakat dan lingkungannya.

Bagaimana CSR di Perum Jasa Tirta I (CSR-PJT I)?Bagi dunia pendidikan tak dapat dipungkiri bahwa PJT I dianggap sebagai laboratorium raksasa, karena lebih dari 300 mahasiswa tiap tahun baik dari dalam maupun luar negeri memanfaatkan PJT I sebagai tempat praktek kerja lapangan, mengambil desertasi program Doktor, tempat riset bagi mahasiswa dan para ahli dan calon Profesor dari luar negeri. Dengan keterbukaan PJT I terhadap dunia pendidikan, hal tersebut merupakan wujud dari CSR PJT I.Bagi pengusaha kecil, menengah dan Koperasi serta Murid dari orang tua yang kurang mampu, dengan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) telah lebih dari 1000 pengusaha kecil, ratusan murid dari keluarga kurang mampu telah dibantu oleh PJT I.

CSR bukan hal yang baruKarena pada 14 abad yang lalu : Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah saw bersabda: Barang siapa memberi sebesar biji kurma dari usahanya yang halal, maka Allah akan menerima sedekahnya dengan tangan kananNya, dan akan memberikan balasan kepada yang memberi sedekahnya dengan tangan kananNya, dan akan memberikan balasan kepada yang memberi sedekah dan menambah tabungan/rejekinya sampai setinggi gunung (HR. Bukhari Muslim)Dengan Good Corporate Governance (GCG) untuk mengupayakan usaha yang halal serta pemberian sedekah baik berupa uang sebagai modal kerja, kesempatan belajar, dan lainnya, merupakan bentuk CSR, yang oleh Allahtelah dijanjikan balasan rejekinya setinggi gunung.Alhamdulillah, dengan CSR-PJT I telah mendapatkan rejeki selama 17 tahun dengan kinerja sehat AA, banyak mendapatkan kepercayaan apresiasi dari luar negeri dan mulai tahun 2006 diberi tambahan teman kerja baru “Balai Besar” sebagai fungsi Developer, sehingga diharapkan dapat bersinergi dan memperkuat keberadaan PJT I, semoga!! (Pak Har)

No comments: